Monday, April 9, 2012

Pengenalan Hardware dan Software Komputer

Pengenalan Hardware dan Software

Komputer yang kita kenal saat ini, merupakan gabungan dari 3 perangkat utama, yaitu Hardware, Software, dan Brainware, pada artikel ini, kita akan sedikit membahas tentang hardware dan software.

Hardware, apa itu hardware? hardware merupakan perangkat keras yang bisa difungsikan untuk menjalankan sebuah atau beberapa komputer, hardware ini sendiri, dalam menjalankan fungsinya untuk menjalankan komputer belum bisa standalone, atau berdiri sendiri, karena tiap satu komponen hardware, memerlukan beberapa hardware yang berbeda jenis maupun fungsi, untuk menjalankan komputer,

Apa perbedaan Hardware dengan software ???

Perbedaan paling mendasar antara Hardware dan perangkat lainnya, adalah bentuk fisik dari perangkat ini sendiri, dimana hardware bentuknya itu bisa kita lihat, kita rasa, kita raba, sedangkan ke dua perangkat lainnya memiliki bentuk fisik yang nyaris berbeda sama sekali dengan hardware

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
  • Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
    • RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
    • Buses:
    • ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
    • CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama computer
  • Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
  • Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
  • Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
  • Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner

Beberapa jenis penyimpanan komputer:

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

Jika hardware adalah jasadnya computer, maka software adalah   ruh-nya atau jiwannya computer. Software merupakan perangkat lunak yang didesain untuk computer dengan fungsi-fungsi tertentu. Dengan software inilah hardware menjadi bermanfaat dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Software terbagi menjadi 2 bagian pokok, yaitu :
  1. A. Software Utama atau Operating System.
Operating system biasanya disingkat OS, yaitu software dasar yang harus di install ke dalam computer untuk pertama kalinya. Tanpa adanya OS maka aplikasi-aplikasi software tidak dapat digunakan. OS dapat di katakan sebagai penterjemah antara manusia sebagai User dan mesin (hardware) sebagai pelaksana. Hardware adalah benda mati yang tidak mungkin dapat diajak berkomunikasi dan memahami apa yang disampaikan manusia, maka dengan diciptakan OS maka intruksi-intruksi dalam bahasa manusia dapat diterjemahkan oleh OS ke bahasa mesin (Assembly) dan mesin menerima intruksi tersebut, serta melaksanakan intruksi tersebut.

OS dipasaran dapat di kategorikan menjadi 3 ;
-                     OS Berbayar ; untuk dapat memnggunakan OS ini kita wajib membelinya dengan harga tertentu dan melisensikannya. OS seperti ini dibuat oleh perusahaan software yang memperkerjakan banyak karyawan, sehingga terkadang harga sebuah software OS dirasakan terlalu mahal, dan juga OS seperti ini bersifat protektif yang mana user tidak berhak mengubah apapun dari jeroan OS ini. Contoh OS ini adalah Microsoft Windows milik perusahaan Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates.
OS Windows amat digemari karena konsep user friendly-nya, ditambah lagi Windows didukung perusahaan-perusahaan software raksasa lainnya seperti Adobe, Corel, dan sebagainya. OS ini merupakan OS yang paling banyak digunakan dan paling banyak dikuasai masyarakat dunia, karena itu penyakit untuk OS ini pun terbilang bejibun banyaknya seperti virus, malware, dan sebagainya. Microsoft Windows dibalik kemudahannya adalah OS yang paling tidak aman.

-          OS Gratisan : OS ini didedikasikan oleh pembuatnya untuk digratiskan, OS ini dibangun dengan konsep Free yaitu kebalikannya dari OS berbayar. Dengan OS ini anda tidak dipungut biaya apapun dan tidak dituntut lisensi apapun. Kita pun dapat melakukan modifikasi atas  jeroan OS ini dan boleh menggunakan nama kita sendiri untuk menamai OS modifikasi tersebut, hanya saja kita dilarang mengklaim hak cipta, dilarang mengkomersilkannya untuk mencari keuntungan semata, dan bebas yang tetap terikat beberapa aturan.
Contoh OS ini adalah Linux, variannya sudah sangat banyak sekali, tampilan GUI-nya pun luar biasa, ringan dan sedikit masalah dengan Virus dan antek-anteknya. OS ini kurang didukung vendor software besar tapi mampu tetap eksis dan perkembangannya semakin familiar tanpa meninggalkan tingkat keamanannya yang tinggi. Bagi yang berkantong tipis, OS ini layak menjadi pilihan.

-          OS Paketan : OS ini sebenarnya masih satu kakek dengan LINUX, yaitu berasal dari UNIX. Hanya saja OS ini didesain khusus untuk mesin computer produksi Apple Corporation. Apple memproduksi hardware PC sendiri yang juga mereka buatkan Softwarenya sendiri pula. Maka ketika kita membeli komputer buatan Apple maka didalamnya sudah tertanam OS buatan Apple yang diberi nama MacOS. Oleh karena itu OS ini hanya cocok dan hanya mau dipasang di mesin computer buatan Apple. OS ini terbilang eksklusif dan harga computer buatan Apple tergolong mahal, namun kualitas selalu terdepan.
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).
Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
  1. Sistem Operasi (Operating System),
  2. Program Aplikasi (Application Programs),
  3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
  4. Program Bantu (Utility)
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
  • Menyimpan program dan aksesnya
  • Membagi tugas di dalam CPU
  • Mengalokasikan tugas-tugas penting
  • Merekam sumber-sumber data
  • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
  • Memeriksa kesalahan sistem
  • Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
  • Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
  • Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
  • Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
  • Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
  • Norton Utility
  • Winzip
  • Norton Ghost
  • Antivirus

Dengan berkembangnya teknologi jaringan komputer terutama teknologi LAN, maka ada 5 istilah yang sering dibicarakan :
  1. Single User
  2. Multitasking
  3. Sistem terpusat
  4. Sistem terdistribusi
  5. Network
Single user adalah system komputer yang berdiri sendiri (stand alone) dimana komputer hanya memberikan izin memakai untuk 1 user saja bekerja pada saat itu.
Multitasking, Satu system komputer dapat menjalan beberapa program aplikasi pada saat bersamaan.
Sistem terpusat (centralisasi) adalah system dimana seluruh data dan program yang diolah diletakan dipusat komputer (server), sedangkan terminal hanya berfungsi untuk menginput data dari Keyboard saja. Sistem terpusat ini juga dikenal dengan istilah Dumb Terminal, dimana pada terminal/workstation yang ada hanya keyboard dan monitor. Yang memakai system ini adalah Mainframe dan komputer mini.
Sistem terpusat mempunyai beberapa kelebihan :
  1. Pemakaian CPU menjadi sangat efesien
  2. Standarisasi mudah diterapkan
  3. Sistem keamanan lebih terjamin
  4. Sebagai sarana aplikasi multiuser
Disamping kelebihan di atas system terpusat juga mempunyai kekurangan antara lain :
  1. Bila komputer pusat mengalami kerusakan, maka seluruh system tidak dapat berfungsi
  2. Kurang fleksibel dalam pelayanan, karena semua peralatan Bantu seperti hardisk, printer dan lain-lainnya disimpan/dipasang pada tempat yaitu komputer pusat.
  3. Bila beban kerja CPU sangat besar, maka unjuk kerja system akan turun.

Sistem Tersebar (terdistribusi), adalah system yang mempunyai banyak prosessor dalam CPU. Masing-masing disimpan pada lokasi geografis berbeda, berdiri sendiri dan saling berintegrasi.
Keuntungan dari system tersebar adalah :
  1. Mengatasi masalah beban kerja komputer pusat
  2. Biaya komunikasi berkurang, karena yang ditransmisikan bukan sekedar data mentah.
  3. Kerusakan pada salah satu komputer local berakibat kecil terhadap keseluruhan system
  4. Dapat menambah komponen secara individu tanpa harus menduplikasi system
  5. Fasilitas local dapat disesuaikan dengan kebutuhan local
  6. Memungkinkan pertumbuhan system secara terus menerus.
  7. Sususnan system bisa disesuaikan dengan pola organisasi perusahaan
  8. Memungkinkan beberapa bagian/local mengadakan percobaan konsep baru dan fasilitas baru untuk mengurangi resiko kegagalan system secara keseluruhan
  9. Pemakaian sumberdaya bersama untuk peralatan yang mahal harganya
  10. Pemeliharaan data lebih mudah, karena sumber data disesuaikan dengan daerah asalnya (database terdistribusi).
  11. Rentang komunikasi cukup jauh, bahkan bisa menembus seluruh dunia.
  12. Merupakan sarana menerapkan aplikasi multiuser.
Kelemahannya :
  1. Dibutuhkan biaya yang cukup besar
  2. Boros dalam system peralatan
  3. Proses data agak lambat dibandingkan dengan system terpusat.
  4. Membahayakan dari segi keamanan data karena pemakai diberi keleluasaan kerja pada komputer local.

Network/Jaringan Komputer, kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, menggunakan peralatan yang dapat diakses secara bersama-sama dan dapat berhubungan dengan komputer induk lain dalam jarak yang berjauhan.
Komunikasi data, adalah suatu proses pertukaran data antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui suatu media transmisi data. Untuk sebuah jaringan komputer sederhana agar proses komunikasi data dapat berjalan harus ada 3 komponen, antara lain :
  1. Komputer, baik itu komputer untuk server maupun untuk workstation/terminal
  2. Link, yaitu media transmisi yang dilalui oleh data dalam proses pertukaran data dari satu komputer ke komputer lain
  3. Protocol Engine, yaitu bagian yang mengatur bagaimana dua buah komputer dapat saling berkomunikasi melalui link. Protokol engine ini terdiri dari NIC dan perangkat lunak yang mengatur prosedur komunikasi yang dipasang pada masing-masing komputer yang digunakan.